Powered By Blogger

Sabtu, 16 April 2011

Belajar Microsoft Access 2007 Bagian 7 : REPORT

Report atau laporan digunakan untuk melihat isi dari semua data yang kita punya yang bisa kita cetak.
Disini kita akan belajar membuat Report dengan memakai WIZARD.
1. pilih menu CREATE => REPORT WIZARD.
2. Pada layar REPORT WIZARD, pilihlah nama table yang ingin dibuatkan laporannya pada bagian TABLES/QUERIES. Lalu masukan field field yang ingin dipakai pada AVAILABLE FIELDS.
Contoh :
- pilihlah TABLE_BARANG lalu masukan semua field yang ada ke bagian sebelah kanan dengan menekan tombol “ >> “ untuk memasukan semuanya sekaligus atau “ > “ jika ingin memasukannya satu persatu. Jika ingin membuang field maka gunakan “ << ” untuk membuang sekaligus atau “ < “ untuk membuang satu persatu.
3. Setelah semua field dimasukan ke bagian sebelah kanan, pilih NEXT.
4. pada layar selanjutnya anda akan ditanya apakah anda ingin membuat GROUP ? maksud Group disini adalah data data yang ada di dalam laporan dikelompokan kedalam suatu group group atau kelompok kelompok berdasarkan field tertentu.
Jika anda mau, maka masukan nama field yang akan dijadikan sebagai dasar pengelompokan data.
Jika tidak, silahkan langsung tekan tombol NEXT.
5. pada layar selanjutnya anda akan ditanya apakah anda ingin mengurutkan data data yang ada di laporan tersebut berdasarkan suatu field tertentu?
Jika anda mau, maka masukan nama field yang akan dijadikan sebagai dasar pengurutan data.
Jika tidak, silahkan langsung tekan tombol NEXT.
6. pilihlah LAYOUT yang diinginkan. Sebagai contoh pilihlah yang TABULAR.
Pada ORIENTATION pilih yang POTRAIT untuk membuat laporan secara vertical (kebawah) atau pilih yang LANDSCAPE untuk membuat laporan secara horizontal (kesamping). Jika sudah klik NEXT.
7. pilihlah STYLE yang diinginkan. Sebagai contoh pilihlah yang OFFICE. Lalu klik NEXT.
8. masukanlah nama dari laporan tersebut. Sebagai contoh berilah nama REPORT_BARANG. Sedangkan pada bagian pilihan yang ada dibawahnya jika ingin langsung melihat hasil laporan tersebut silahkan pilih yang PREVIEW THE REPORT. Tapi jika ingin mendisain dan merubah laporan tersebut silahkan pilih yang MODIFY THE REPORT’S DESIGN.
9. tekan FINISH untuk menyelesaikan langkah langkah pembuatan laporan dengan wizard ini. Dan lihatlah hasil dari laporan yang telah anda buat.
10. buatlah laporan untuk TABLE_PEMBELI dengan nama REPORT_PEMBELI dan QUERY_TRANSAKSI dengan nama REPORT_TRANSAKSI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar